Cara Sharing Internet Dari Wifi Ke LAN Melalui Laptop

1
16866
Cara Sharing Internet Dari Wifi Ke LAN Melalui Laptop
Cara Sharing Internet Dari Wifi Ke LAN Melalui Laptop

Cara sharing internet dari wifi ke lan melalui komputer/laptop – Sharing atau membagikan koneksi internet yang terhubung dari wifi (wirelles) pc/komputer ke lan (local area conection) agar internet dapat di gunakan komputer lainnya melalui lan, yang bersumber pada wifi/wirelles komputer.

Biasanya cara yang seperti ini sering saya lakukan jika laptop teman, tidak memiliki wifi/driver wirelles tetapi memiliki lan (local area conection) saja.

Apasih LAN (local area conection)? merupakan perangkat jaringan komputer yang sudah ada pada komputer yang berfungsi sebagai media transmisi data.

Lan biasa digunakan untuk media pengiriman data atau menghubungkan beberapa komputer agar saling terhubung dan dapat saling berakses data maupun komunikasi, penggunaan lan hanya ada di komputer saja, biasa terdapat port atau colokan berbentuk segi empat berukuran sedang, di sebut sebagai lan card.

Wirelles merupakan perangkat jaringan yang digunakan sebagai pengirim data tanpa media transmisi kabel, jadi melalui gelombang elekromagnetik sabagai media transmisinya.

Dengan cara ini kalian dapat menshare koneksi internet yang terhubung dari wifi komputer/laptop ke lan (local area conection), ataupun sebaliknya, mensharing intenet dari lan ke wirelles hotspot.

Hal Yang Harus di Siapkan

Sebelum ke pensettingan lebih baiknya perlu mengetahui apa saja yang harus di siapkan untuk cara share internet dari wifi ke lan, berikut.

1. Kabel UTP atau Kabel Jaringan

Usahakan kalian sudah punya kabel utp atau kabel jaringan, jika kalian belum punya bisa membuatnya terlebih dahulu atau membelinya ditoko komputer, kabel UTP akan berfungsi sebagai penghubung komputer yang mensharing internetnya, dengan komputer penerima.

Penggunaan kabel usahakan menggunakan kabel utp jenis crossover jika kalian ingin menghubungkannya secara pear to pear atau komputer ke komputer langsung tanpa hub/switc, jika menggunakan switch/hub cukup gunakan kabel straight.

2. Laptop/Komputer

Tentu saja hal yang fital dan harus di siapkan untuk di persiapkan adalah komputer/laptop, yang pertama gunakan 1 laptop yang memiliki wirelles, kemudian yang kedua komputer/laptop yang memiliki maslah di wifi/wirellesnya dan masih bisa digunakan lannya.

3. Koneksi Internet Wifi

Kita akan mensharing atau membagikan internet dari wifi komputer ke komputer lainnya melalui lan. untuk itu internet harus di siapkan.

Cara Sharing Internet Dari Wifi ke Lan

Berikut langkah-langkah Sharing Internet Dari wifi Ke Lan Windows 10, Saya mempraktekannya dengan menggunakan windows 10 jika kalian menggunakan windows 7 atau 8, kurang lebihnya sedikit sama dengan cara yang saya berikan.

  1. Sambungkan wifi terlebih dahulu, kemudian Buka control panel, Cari control panel di menu search yang berada di start button atau samping start.
  2. Buka network dan internet.
  3. Kemudian klik network and sharing center.
  4. Akan tampil jaringan wifi yang tersambung dengan komputer/laptop.
  5. Klik Conection nama wifinya lihat pada gambar di bawah/.
Cara Sharing Internet Dari Wifi ke Lan
  1. Klik properties, klik menu saharing.
  2. Ceklis allow other network.
  3. Kemudian kalau suruh milih private conection, pilih ethernet (local area conection), kalau tidak ada langsung klik ok
  4. Klik ok selesai
  5. Selanjutnya hubungkan komputer yang sudah di setting sharing tadi ke komputer/laptop lainnya dengan menggunakan kabel UTP dengan menghubungkannya melalui port lan komputer.

Ketika sudah terhubung, pastikan komputer yang menerima sharing mendapatkan koneksi internet melalui kabel utp yang dihubungkan. jika belum terhubung juga pastikan kalian mengikuti langkah-langkah di atas lagi, pastikan jangan ada yang salah, kalau mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar pasti insyaallah tidak ada masalah.

Semoga sharing internet dari wifi ke lan windows 10 dapat membantu kalian yang ingin tau maupun yang baru tau jika kalian mempunya masalah dengan topik ini silahkan berkomentar dibawah.

Jika ada pertanyaan dan masukan silahkan tinggalkan comment dan gunakan contact form yang sudah disediakan di menu bawah, share postingan agar bermanfaat bagi banyak orang.

1 COMMENT

  1. salam kenal ka saya bonanza gold
    saya ingin menambahkan beberapa tips untuk yang masih kesulitan menggunakan cara diatas bisa dengan mengunduh app seperti shareit agar bisa berbagi ke beraga platform seperti smartphone, iphone dan laptop. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here